SKRIPT

Selasa, 15 Maret 2011

Asal Muasal Nama Distro Linux Terpopuler

Mungkin bagi sebagian mereka yang telah lama mengenal OS Linux ataupun yang baru mengenalnya sedikit mengalami kebingungan atas banyaknya varian distro turunan Linux ataupun asal muasal distro tersebut. Nah…… di sini saya coba untuk menuangkan beberapa pengetahuan saya mengenai asal muasal nama distro linux.

1. Ubuntu - arti Ubuntu diketahui hampir semua geek, definisinya adalah “sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ‘saya dibentuk oleh kita semua’. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.”

2. PCLinuxOS – cukup jelas, nama ini berasal dari PC + Linux + Operating System. PCLinuxOS memiliki GUI yang mirip dengan Windows untuk memudahkan transisi pemakai ke Linux. Oleh karena itu mereka menggunakan kata PC (walaupun sebenarnya PC tidak ekslusif untuk Windows).

3. openSUSE - adalah sebuah proyek SUSE open source yang disponsori Novell dan AMD. SUSE adalah akronim dalam bahasa Jerman untuk “Software- und System-Entwicklung” (pengembangan perangkat lunak dan sistem). Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nama SUSE dipakai untuk menghormati insinyur Konrad Zuse.

4. Fedora – adalah sebuah proyek Linux komunitas yang disponsori Red Hat. Nama Fedora” ini diambil dari jenis topi (fedora) yang dipakai oleh pria di logo Red Hat

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com